Manusia adalah makhluk sosial yang
saling membutuhkan. Mereka selalu berinteraksi satu dengan yang lain.
Interaksi ini diwujudkan lewat bentuk-bentuk komunikasi yang mereka
lakukan. Intrapersonal, Interpersonal, small group, public dan mass communication (a) adalah realisasi dari komunikasi yang terjadi antar manusia. Inti dari komunikasi yang dilakukan bisa berarti sharing (berbagi), caring (kepedulian), feeding, loving (saling mencintai), fighting (pertikaian), conversing (percakapan), friendship (persahabatan), sex (seksualitas), envy (kecemburuan), shouting, arguing (berargumentasi), betrayal (pengkhianatan), rumor mongering, gossiping (bergosip), laughing (tertawa), crying (menangis), providing support (memberikan dukungan), whining (rengekan), advocating for others (mendukung yang lain), recommending (rekomendasi), swearing off
(meninggalkan/berhenti) (b) dan sebagainya.Inti komunikasi antar
manusia ini kemudian diwujudkan dalam media yang lain yaitu situs
jejaring sosial.
Situs jejaring sosial dapat
didefinisikan sebagai layanan berbasis situs yang memungkinkan individu
untuk (1) membangun suatu profil publik atau semi publik dalam sistem
yang terbatas; (2) mengartikulasikan daftar pengguna lain dengan siapa
saja mereka berbagi; (3) melihat dan menelusuri daftar kolega mereka
dan daftar kolega yang dibuat oleh orang lain dalam sistem. Tetapi
masing-masing situs jejaring sosial memiliki karakteristik pada sistem
dan cara berinteraksi yang berbeda satu dengan lainnya. Secara teknologi
situs, situs jejaring sosial termasuk dalam teknologi web 2.0. Web 2.0
diciptakan pertama kali pada tahun 2004 oleh Tim O’Reiley dari O’Reilly
Media dimana Web 2.0 mengijinkan dan menganjurkan seluruh pengguna untuk
membuat, berbagi dan menyebarkan informasi dan gambar. Web 2.0 mencakup
teknologi situs dan layanan, seperti blog, wiki, alat komunikasi, dan
folksonomi yang menekankan berbagi konten antara pengguna dan kolaborasi
secara online. Hal ini adalah bentuk aplikasi yang sangat baru dan
interaktif. Dalam situs jejaring sosial, inti komunikasi antar manusia
ini sebagian besar menjadi bahan acuan dalam membuat desain seperti classmate.com, sixdegrees.com dan friendster.com untuk persahabatan, youtube.com untuk berbagi video, flickr.com untuk berbagi foto dan sebagainya. Classmate.com
memungkinkan orang untuk berafiliasi dengan sekolah tinggi atau
perguruan tinggi dan juga mencari informasi orang lain yang melakukan
afiliasi, tetapi pengguna tidak dapat membuat profile (jati diri) mereka atau memasukkan orang lain sebagai teman. Sedangkan sixdegress.com adalah yang pertama kali menggabungkan hal ini (c).
Gambar 1. Bentuk Interaksi Manusia dengan Komputer
Sumber: Porter, J.Designing For The Social Web.Berkeley,New Riders, 2008, hlm 15
Dalam proses meme terdapat istilah copy-the-product dan copy-the-instruction (d). Copy-of-product melakukan salinan secara langsung terhadap sebuah produk yang sebelumnya telah dibuat oleh orang lain, sedangkan copy-the-instruction
adalah melakukan salinan instruksi atau perintah dari suatu produk yang
telah dihasilkan oleh orang lain. Situs jejaring sosial secara umum
merupakan bentuk copy-the-instruction komunikasi dari manusia yang disalin melalui media komputer menjadi bentuk-bentuk fitur-fitur yang berbasis pengguna seperti friends, contact, leave messages
dan sebagainya. Sedangkan situs-situs sosial yang muncul di Indonesia
sebagai fenomena, merupakan copy-the-product dari situs-situs sosial
yang sebelumnya telah dibuat oleh orang lain walaupun mereka
berargumentasi bahwa situs yang mereka buat adalah tidak mengikuti
situs-situs yang telah ada.
Situs jejaring sosial secara umum
merupakan interpretasi dari bentuk-bentuk komunikasi antar manusia.
Lahirnya situs-situs jejaring sosial di merupakan bentuk-bentuk meme
dari sebelumnya dimana konsep, fungsi dan struktur diambil dari yang
sudah ada sebelumnya. konsep, fungsi dan situs jejaring sosial adalah
membangun komunitas dimana konsep ini diambil dari situs-situs sosial
yang sudah terlebih dahulu muncul, walaupun para pembuat situs-situs
jejaring sosial mengatakan bahwa mereka memiliki konsep yang berbeda,
tetapi intinya sama. Yang membedakan adalah bentuknya. Terkadang sebuah
situs merupakan tiga kombinasi atau lebih situs jejaring sosial yang
sebelumnya telah ada. Penambahan beberapa fitur-fitur yang sama sekali
belum ada sebelumnya dimana merupakan bagian-bagian dianggap baru dari
sebelumnya, hal itu merupakan kelebihan tersendiri yang merupakan meme yang dinamis dari suatu gagasan.
sumber : http://fsd.isi-dps.ac.id/artikel/struktur-komunikasi-dan-desain-dalam-situs-jejaring-sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar