Electronic Banking (e-banking) adalah suatu aktifitas layanan
perbankan yang menggabungkan antara sistem informasi dan teknologi yang
meliputi phone banking, mobile banking, dan internet banking. Berikut
adalah saluran dari e-Banking yang telah diterapkan di Bank Indonesia yaitu : ATM,
Automated Teller Machine dimana pada fitur ATM juga berfungsi untuk melakukan
pemindah bukuan antar rekening, pembayaran (kartu kredit, listrik, dan telepon)
dan pada ATM digunakan untuk mengambil uang secara tunai dengan ragam fitur dan
kemudahan bagi para penggunaannya, Phone
Banking yaitu melakukan transaksi dengan bank via telepon yang boleh
dibilang phone banking ini lebih praktis,cepat dan efisien ketimbang ATM atau transaksi non tunai, Internet Banking
Dapat
memungkinkan nasabah melakukan transaksi via internet dengan menggunakan
komputer/PC. Kelebihan internet banking adalah saluran ini mempunyai kenyamanan
bertransaksi dengan tampilan menu dan informasi secara lengkap tertampang di
layar komputer/PC. SMS/m-Banking dapat
memungkinkan nasabah untuk bertransaksi via HP dengan perintah SMS dan yang
membedakan adalah SMS/m-Banking dan yang lainnya adalah nasabah diberikan kode
pengenal (userid) dan PIN. Sebagai pengaman tambahan untuk internet banking dan
nasabah diminta untuk meregistrasikan nomor HP yang digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar