Minggu, 09 Juni 2013

Cara Memberikan Obat Pada Bayi



Sebelumnya saya mau posting lagi nih, sama sih seperti pada blog saya yang sebelumnya. Hanya saja disini ada perbedaan sedikit, yaitu mengenai perawatan tentang bayi gitu deh. Dan disini saya mau share nih tentang bagaimana cara memberikan obat padaa bayi. Semoga tips di bawah ini dapat bermanfaat. Nah yuk kita lihat J
1.      Melakukan komunikasi dan kontrak waktu kepada si bayi dan si ibu, menmgenai tindakan memeberikan obat.
2.      Haluskan obat yang akan diberikan kepada si bayi, seperti tablet. Kemudian di taro di bokal(seperti cetakkan agar), lalu di campurkan dengan sirup. Hingga sedikit encer. Apabila masih terlihat kental, maka tambahkan air putih. Setelah itu aduklah hingga merata.
3.      Langkah selanjutnya menggendong bayi, jika ada ibu dari bayi tersebut biarkan dia yang menggendongnya. Dengan cara  tangan pada bayi sebelah kanan di taro di bawah ketiak ibunya, dan tangan sebelah kiri si bayi di pegang oleh tangan ibunya.
4.      Pasangkan serbet atau juga bisa menggunakan tisu di bawah dagu si bayi agar bajunya tidak basah.
5.      Kemudian dagui si bayi  mengadah ke atas, agar semua obat masuk kedalam mulut si bayi.
6.      Setelah itu berikan obat dengan menggunakan pipet, lalu masukkan obat ke samping mulut si bayi secara perlahan-lahan, sedikit semi sedikit sampai obat habis.
7.      Selanjutnya berikan minum pada si bayi dengan menggunakan pipet.
8.      Setelah itu evaluasi dan lihat pada mulut si bayi apakah obat tersebut sudah masuk semua apa belum.
9.      Jika obat sudah masuk semua dan di muntahkan oleh si bayi bersihkan di sekitar mulut bayi dari sisa-sisa obat dengan menggunakan serbet atau tisu.
10.  Setelah selesai semuanya, rapihkan semua peralatan yang telah terpakai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar