Senin, 16 April 2012

04 (*04) Klasifikasi Teori Organisasi

Klasifikasi Teori Organisasi
No
Perkembangan teori
Tokoh
Esensi dasar
1
Teori Klasik Henry Fayol (1841-1925) Membagi manajemen menjadi 5 fungsionalisme yaitu perencanaan, pengorganisasian, pemberian perintah, pengkoordinasian, dan pengawasan.Memiliki 14 prinsip manajemen: pembagian kerja, wewenang dan tanggung jawab, disiplin, kesatuan perintah, kesatuan pengarahan, mendahulukan kepentingan umum, balas jasa, sentralisasi, rantai scalar, aturan, keadilan, kelanggengan personalia, inisiatif, semangat korp.
    James D.mooney Organisasi sebagai kelompok orang yang terdiri dari atas dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.Empat unsur yg diperhatikan: 1. Koordinasi, terdiri dari unsur kerja yaitu wewenang dari atasan, doktrin, melayani, dan disiplin kerja.
2. Prinsip scalar
3. Prinsip fungsional
4. Prinsip staff
    Marry Parker Follet(1886-1933) Follet adalah seorang tokoh antara teori klasik dan teori hubungan manusiawi.Follet menerapkan psikologi dalam perusahaan dan konflik yang terjadi dalam perusahaan dapat dibuat konstruktif dengan menggunakan integrasi.
    Charter I. barnard(1886-1961) Dalam bkunya ‘The function of the Executive (1938)’ mengatakan bahwa organisasi merupakan system kegiatan yang diarahkan pada tujuan yang hendak di capai.Fungsi utama manajemen yaitu perumusan tujuan dan pengadaan sumber daya yang di perlukan untuk mencapai tujuan.Menurut teorinya’ teori penerimaan’ mengatakan bahwa seorang bawahan akan menerima perintah hanya bila dia memahami dan mampu serta berkeinginan untuk mencapainnya. Barnard adalah pelopor penggunaa pendekatan system.
2
Teori neoklasik Hugo Munsterberg Menekankan adanya perbedaan-perbedaan karakteristi individu dalam organisasi-organisasi. Sebagai tambahan Munsterberg mengingatkan adanya pengaruh faktor-faktor sosial dan budaya thd organisasi.
    Hawthorne Suatu sistem terbuka di mana segmen-segmen teknis dan manusiawi saling berkaitan erat. Studi tsb juga menekankan pentingnya sikap karyawan.
3
Teori modern Alfred Korzybski1993 General Sementics (manusia hidup dalam tiga dunia yang berbeda, yaitu dunia peristiwa, dunia objek dan dunia simbol, menitik beratkan masalah bahasa dan komunikasi, topik: ringkasan, penyimpulan, kekakuan bahasa, lingkungan komunikasi, sifat kata-kata, dan pentingnya tanggapan).


Mary Parker Follet,1920-an Keseimbangan antara perhatian individu dan organisasi; mengerjakan sesuatu sebagai jalan keluar dalam suatu semangat kerja sama; kesadaran cita-cita sehingga setiap orang adalah bagian dari suatu kelompok; dan masyarakat; dorongan individu diterima tanpa mengorbankan kepentingan organisasi.


Chester I. Barnard, 1938 Organisasi sebagai suatu sistem sosial yang dinamis; individu, organisasi, penyalur, dan konsumen merupakan bagian dari lingkungan organisasi; aspek organisasi formal dan informal.


Norbert Wiener, 1948 Menemukan sibernetika=orang=pengemudi, pengendalian sistem pada pengaruh arus balik informasi; menunjang perkembangan komputer eletronik, penggunaan komputer dalam proses pengawasan, suatu sistem terdiri atas input, proses, output, arus balik, dan lingkungan.


Ludwig Von Bertalanffy Organisasi sebagai masalah yang utama bagi seluruh kehidupan; kedinamikan, sistem, interaksional multidimensional, multi level; suatu sistem dilihat sebagai suatu kumpulan dari bagian-bagian yang saling berhubungan; suatu organisasi dalam pandangan yang modern merupakan suatu system.

sumber : http://goenable.wordpress.com/2012/01/05/klasifikasi-teori-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar