Senin, 16 April 2012

06(*01) macam-macam organisasi

macam-macam organisasi

BENTUK ORGANISASI FUNGSIONAL (FUNCTIONAL ORGANIZATION)
Organisasi diperkenalkan fungsional oleh seseorang tokoh manajemen ilmiah ( scientific management), yaitu Fredrick Winslow Taylor yang karena jasanya dalam bidang manejemen mendapat julukan sebagai bapak Managemen Ilmiah ( The Father of Scientific Management).
Organisasi fungsional disusun berdasarkan sifat dan macam-macam fungsi sesuai kepentingan organisasi. Tiap-tiap fungsi saling berhubungan karena antara satu fungsi dengan yang lainnya saling bergantung. Dengan demikian wewenang dalam organisasi fungsional dilimpahkan oleh pucuk pimpinan kepada unit-unit ( satuan organisasi) dibawahnya atas dasar fungsi, dan pimpinan dari tiap unit (satuan organisasi) berhak untuk me-merintah kepada semua pelaksana yang ada di bawahnya seoanjang menyangkut bidang tugas masing-masing.
CIRI-CIRI ORGANISASI FUNGSIONAL
Organisasi fungsional (functional organization) mempunyai ciri-cir
i sebagai berikut :
1) Pada umumnya di pegunakan oleh organisasi-organisasi niaga ( toko serba ada).
2) Disusun atas dasar sifat dan macam-macam fungsi sesuai dengan kepentingan organisasi sehingga lebih menekan para pembahian fungsi.
3) Weweang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi yang ada di bawahnya, dan pemimpin dari tiap satuan organisasi tersebut berhak untuk memberi perintah kepada semua pelaksana yanga ada, ada sepanjang perintah itu menyangkut biang tugas masing-masing
4) Seorang bawahan dapat menerima perintah dari beberapa orang pimpinan.
5) Bawahan bertanggung jawab kepada pimpinan yang memberikan perintah.
6) Karena setiap pimpinan seatua organisasi dapat memberi peritah kepada semua pelaksana sepanjang menyangkut bidang tugas masing-masing maka fungsional tidak terlalu menekan pada hirarki struktural. 
 
sumber : http://zakisyahputra.blogspot.com/2011/10/14-macam-macam-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar